Cara Cepat Hamil

Home » » On Service - Hermawan Kartajaya

On Service - Hermawan Kartajaya

Written By Taufik Irawan on Rabu, 10 Oktober 2012 | 19:26


Terbit : 2007
Bahasa : Indonesia
File Type : Exe (Digi Ebook)
Review : Mungkin anda belum begitu mengenal Hermawan Kartajaya, beliau adalah seorang pakar pemasaran berkewarganegaraan Indonesia. Beliau merupakan orang Indonesia pertama yang memasuki ranah pemasaran internasional dengan model yang ia buat sendiri. Ia adalah seroang yang unik kombinasi dari orang yang memiliki pemikiran akan konsep bisnis yang strategis dalam bidang marketing dan seorang praktisi. Hermawan yang juga founder dan President MarkPlus itu selalu mengatakan bahwa jika ingin membangun brand yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi memiliki implikasi jangka panjang. Sampai saat ini beliau menuliskan buku-buku yang menggambarkan pemikiran atas proses bisnis yang menjadi rahasia kesuksesannya. Jika anda seorang pengusaha, manager, ataupun seorang wirausaha sekalipun, anda dapat mengambil manfaat dari buku ini untuk mengembangkan bisnis anda. Kesuksesan Hermawan Kartajaya adalah suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri. Tentu setiap pengusaha menginginkan kesuksesan, mari kita tengok sedikit ilmu yang dapat kita peroleh dari buku ini.

Tahukah Anda bahwa satu diantara sepuluh orang Amerika serikat bercerita kepada Sembilan orang lainnya tentang apa yang harus dibeli,dimana tempat makan yang enak,dan sebagainya. Satu diantara sepuluh orang ini disebut sebagai The Influentials. Biasanya The Influentials memiliki jawaban atas masalah yang mereka hadapi. Atau kalau tidak, mereka mengetahui orang yang punya solusi terhadap permasalahan tersebut. Karena kemampuannya menghasilkan solusi inilah, The Influentials pun sering menjadi panutan, tempat bertanya, dan pelabuhan terakhir ketika si pelanggan hendak memutuskan pembelian. Nah karena pentingnya the Influentials, perusahaan Anda harus mampu memperlakukan dan mengelola mereka secara cerdas. Disinilah visi memainkan peran sangat penting. Service yang tepat kepada mereka tentu akan membuat mereka menjadi pelanggan yang merekomendasikan bahkan menjadi pembela perusahaan Anda. Inilah yang biasa saya sebut sebagai advocate costumer. Sayangnya hingga kini maih banyak perusahaan yang mengartikan service secara sederhana. Servis hanya dianggap sebatas layanan prajual, pascajual, atau layanan selama jual. Kalau merasa telah memberikan pelayanan seperti itu,perusahaan menganggap tugasnya memberikan servis telah selesai.

Menurut Hermawan Kartajaya, service merupakan jiwa dari suatu perusahaan. Service adalah sikap untuk bertahan dan memenangkan persaingan di masa depan. Service adalah strategi untuk menghindari business category trap.

Dan agar bisa lepas dari business category trap,perusahaan Anda harus menjadi sebuah service business. Service dalam prinsip ini menunjuk pada service dengan huruf besar “S”. maksudnya adalah perusahaan Anda harus total menjadi perusahaan yang memeberikan pelayanan optimal kepada pelanggan. Tidak masalah apakah bisnis Anda di bidang restoran.produksi otomotif,maupun rumah sakit,jadilah service business.

Hermawan mencoba memberikan beberapa definisi kenapa perusahaan Anda harus menjadi sebuah service business.

Pertama,s ervice adalah solusi. Agar bisa menjadi service business perusahaan Anda harus dapat memberikan solusi yang nyata bagi kebutuhan pelanggan. Kadang pelanggan tidak selalu menunjukkan apa yang dibutuhkannya. Perusahaan Andalah yang harus sensitive mendeteksi apa kebutuhan dan permasalahan pelanggan. Dengan begitu, service dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Kedua,service sebagai value enhancer perusahaan, yaitu sebuah nilai yang harus diberikan secara terus menerus kepada pelanggan. Dengan memberikan service yang memuaskan.otomatis Qantas mampu menciptakan positioning yang kuat di benak konsumen sebagai perusahaan penerbangan yang menyenangkan.

Ketiga, service diidefinisikan sebagai memorable experience. Bernd Schmitt, dalam bukunya yang berjudul The Experiential Marketing,menjelaskan bagaiman cara menciptakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan pada servise yang kita tawarkan. Pengalaman yang tak terlupakan itu adalah nilai yang berupa emotional benefit (manfaat emosional) yang kita tawarkan kepada konsumen. Dengan kata lain, tak hanya produk yang berupa functional benefit (manfaat fungsional) yang kita tawarkan, tetapi juga service experience kepada pelanggan.

Keempat adalah value added. Maksudnya suatu service yang mampu memberikan nilai tambah secara berkesinambungan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para konsumen.

Nah kalau Anda berhasil menerapkan empat konsep service tersebut ke dalam aktivitas perusahaa, nilai-nilai yang didapat oleh pelanggan Anda akan sangat besar. Alhasil, brand dan positioning perusahaan Anda akan sangat kuat di benak pelanggan.

Luar biasa bukan ? Bagaimana pemikiran dan pengalaman seorang Hermawan Kartajaya yang mungkin dapat kita adopsikan ke dalam perusahaan yang kita kelola. Lebih banyak ilmu yang bisa anda dapatkan dari buku ini mengembangkan sebuah proses bisnis yang mungkin masih berada diluar pemikiran kita. Kembangkan potensi usaha yang anda miliki dengan metode yang tepat, dan raih kesuksesan dalam berbagai bisnis yang anda tekuni.

Download Buku On Service - Hermawan Kartajaya [Klik Disini]
Share this article :

Posting Komentar

Terima kasih untuk kunjungan dan komentar sobat semua
Mohon komentar yang membangun untuk perbaikan blog ini
Apabila ada link yang rusak atau bermasalah dapat langsung diinfokan
Kami akan segera perbaiki.....

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 Download eBook Terbaru Gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger